kenalan sama İSMEK*lembaga kursus gratis dari pemerintah*

Gambar

Kemarin sore keluargapanda alias saya dan suami,ceritanya jalan sore ke paazar*tiap hari senin ada pasar rakyat di dekat rumah* terus ngeliat bapak bapak yang bagi bagi in selebaran di jalan: ehm menarik pas liat selebarannya: ada berbagai kursus yang ditawarkan lembaga yang namanya si İSMEK yang kepanjangannya kira kra: istanbul büyüksehir Belediyesi sanat ve Meslek eğitim Kurslari: yang kalau di terjemahkan bebas: lembaga kursus binaan pemerintah istanbul buat warga nya, dan ini diberikan cuma cuma alias GRATİİS* langsung deh sinyal saya kencang dengar kata Gratis:P

Oh ya di Turki: kalo di tulis Büyüksehir belediyesi: kayak istanbul: itu artinya KOTA BESAR, Ankara juga di tulis Buyuk sehir..kalau cuma Belediyesi itu artinya  yah kota kecil:P kayak Çorum belediyesi..nah udah ketebak kan kota nya pasti imut..Atau pemerintah daerah: soalnya di istanbul banyak belediyesi nya: kartal, pendik, bostanci, umraniye..semua ujungnya cuma belediyesi tapi tetap induknya İstanbul: mungkin kalau di jakarta: ada jakarta timur, barat. utara dengan walikota masing masing  seperti itu gambarannya.

Kalau di kota lain lembaga sejenis namanya: Halk merkezi, khusus istanbul İSMEK: intinya sama aja:

jadi saya dan suami, cerita nya tertarik pas liat selebarannya: di situ tertulis ngebuka kursus bahasa: ınggrıs, arab dan Osmanlı turkcesi ehmmm menarik bukan.., ya fokus saya dengan kata OSMANLI..alias bahasa turki dalam alphabet arab jaman khalifah ustmaniyah yang kini di ajarkan kembali :alhamdulilah…

Baiklan sekilas info dikit: Jaman sebelum turki jadi republik sekuler seperti sekarang dan masih dibawah pemerintahan sultan sultan kekhalifahan islam ottoman: Turki memang berbahasa turki tapi alphabetnya adalah alphabet bahasa arab* kalau berkunjung ke makam makam orang orang terdahulu jaman kekhalifahan*pas di corum saya juga liat* nisan nisan mereka tertulis dengan khaligrafi arab nan indah khas turki ottoman. Bukan alphabet latin seperti sekarang.

Dan kalau di amati: bahasa turki mengenal kata fail, fiil: yang jelas itu ada dalam kosakata bahasa arab: dan banyaknya kata ganti: seperti: giderdin, giderdim, giderdik, giderdiniz,giderlerdi perubahan di akhir suku kata merujuk ke ilmu nahwu shorof deh: huwa, huma , hum. hiiya hummma hunna..bla..and blaa… TAPİ: eit jangan salah:) warisan sekulernya si pendiri republik yang ‘memberangus’ ke arab-arab-an di tanah Turki meninggalkan ‘ketidaksukaan’ umumnya orang Turki jika di sebut: kamu orang arab? kamu mirip orang arab? termasuk dari segi bahasa yang emang percampuran: bahasa orang asia tengah dan timurtengah dan sedikit banyak juga dari balkan* maaf saya bukan ahli bahasa juga sih takut salah:P***

Nah baiklah lalu apalagi tentang si İSMEK ini:

selain ada kursus gratis belajar bahasa: juga kursus jahit, merajut, masak termasuk untuk desain esarp*krudung licin khas turki* setelah saya liat liat brosurnya:jujur selain karena GRATİS heheh..kelas kelas nya emang menarik banget: ada kelas Baking juga..huahhhh*abaikan dulu walau saya bahasa turkinya masih berantakan*yang penting niatnya belajar.

Ruang belajarnya bagaimana?

dengan gedung 5 lantai, representatıve..*modern, pengajarnya profesional, yang di sebut hoca, atau usta: hoca*sebutan kehormatan untuk guru atau org lebıh tua yang punya ke ahlian* kalo Usta juga kayaknya kedudukannya hampır sama: cuma kebanyakan di pake buat urusan dibidang kuliner: kayak suami saya kalau beli makanan di restoran..nyebut si pemilik atau tukang masaknya usta, tapi kalau ketemu orang yang lebih tua apalagi yang kayak guru atau punya keahlian sesuatu dia nyebutnya: hoca ?saya masih belajar ya kiasan kiasan dalam bahasa turki:)) CMIIW bahasa gaulnya*koreksi aye kalo salah2 kate hhehehe..

Jadi…:daftar kah? alhamdulilah di daftarin sama suami:) berbekal ikamet*resident permit turki* kebetulan di formulirnya tertulis: yabanci*alias WNA boleh ikutan:aihh senangnya..dan dapat cuma cuma alias gratisan juga, sama kayak warga lokalnya.

**Jadi saya ikhlas ikhlas aja bayar pajak izin tinggal di sini:selama dapat pelayanan yang adil antara warga asli dan pendatang, berobat gratis, kursus gratis juga:) **

Kelas design juga ada: sayangnya untuk daerah saya tinggal belum ada guru nya: ehmm kata suami: saya ntar bisa ngajuin diri kalau mau: kalau jadi WN turki:s ya rayuannya ya tetap pindah warga negara-.-” …))))kapan bısa 2 cıtızen hıks…dılema lagı. kesempatan dan tawaran menarik yang terkendala pasport heheh baiklah sejenak lupakan dulu bagıan nyarı duıt ını:P

Karena para pengajarnya di gaji pemerintah: jadi lebih di utamakan ya warga negaranya:SGambar

 

 

Advertisements

6 thoughts on “kenalan sama İSMEK*lembaga kursus gratis dari pemerintah*

  1. saya bukan istrinya org turki, tp kalo saya daftar les bahasa turki disana apa bisa? persyaratannya apa aja mb?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s