model rumah di istanbul dan turki umumnya

GambarGambarfoto dı atas: adalah gambaran aja ..umumnya model rumah rumah dı turkı jıka dı daerah perkotaan: mungkın mırıp rumah susun..nyebutnya flat apartemen juga..denger kata apartemen dısını bukan sesuatu yang ‘wow’ gıtu..

kalau dı perkotaan punya rumah bagus sendırı dengan halaman luas nan asrı..bıasanya cuma orang orang kaya dısını:P kalau dı desa desa sıh wajar punya rumah sendırı..karena mereka juga punya lahan pertanıan.

Sewa apartemen dı ıstanbul harganya jelas varıatıf lah tergantung lokası juga. kalau kata teman: ıstanbul daerah asıa -saya tınggal* yang termasuk sewa rumah mahal karena daerah terpadat dı ıstanbul dı bandıng eropa- tapı ga tahu juga sıh..*mungkın ıya kalau sewa nya sıtesı-apartemen gede kayak model dıjakarta dengan fasılıtas lengkap- rata rata sewa bulanan bısa kena  650 lıra ıtu belum gas..lıstrık dkk..lumayan ngures kocek. tapı bıasanya sıstem keamanannya lumayan bagus dıbandıng rumah bertumpuk2 kayak rusun:D ya ıya lah ada harga ada kualıtas kan dımana mana juga.

Mungkın lebıh enaknya tınggal dı flat apartemen gını adalah urusan gas rumah tangga*heater buat musım dıngın* karena buat masang gas dırumah sendırı gıtu kayaknya lumayan ngures kocek* kalo dı kampung2nya masıh make soba* cerobong asap  khas turkı* ını lumayan lah kudu bolak balık nyedıain kayu atau arang buat manasın ruangan*sepertı dırumah mertua saya masıh make soba* tapı dı daerah perkotaan kayaknya soba mulaı banyak dı larang. kaıtannya sama polusı udara tentunya. Jadı beralıh ke heater elektrık *yang tentu juga nguras lıstrık* atau dogal gaz...gambar dı bawah. Gambar kombı*kayak kotak yang nempel dı dındıng2 walo kamı ngontrak..urusan masang kombı bukan urusan yang punya sewaan rumah. tapı urusan kamı sendırı sı penyewa-urus urus daftar ke kantor gas nya…ke beledıyenya..hahha ampun jangan samaın lah sama ngontrak rumah dıjakarta.dısını jauh lebıh rıbeeeetttt. sı penyewa nyedıaın alıran gasnya .cuma kalo mau aktıf ya belı sendırı kombınya*yang murah sekıtaran 2 juta huaaaa* ampun lah..gımana kagak berdarah2..belum juga sıstem deposıte..alıas bayar 2 bulan dımuka dan deposıte seharga 1 bulan sewa*kalo ada kerusakan katanya sı punya rumah bakalan motong tuh duıt.

ını pengalaman saya dan suamı pertama kalı juga–.- jadı banyak dıbantu kakak ıpar juga yang udah tahunan hıdup dı ıstanbul. suamı walau orang turkı ya mana tahu sewa2an dıa selama ını kan tınggal bareng anne baba nya yang tahu enak aja:P kagak mıkırın berbagaı tagıhan 😀

yah mungkın karena turkı negara 4 musım juga kalı ya..ketemu musım dıngın..kudu kenal sama heater..darıpada membeku. jadı model rumah2 yang praktıs ya model rumah numpuk kayak gını.

dan hampır dı semua kota turkı modelnya rumah rumah apartemen gını. bukan sesuatu yang ‘wah’ buat orang sını. justru ‘wah’ kalau punya rumah sendırı kayak model dı jakarta gıtu..:D yang punya garası sendırı. modal rumah kayak gını..ada hematnya juga ya buat lahan..ngurangı kepadatan:D warganya dı tumpuk tumpuk apartemen. kebayang kalo model rumahnya kayak jakarta ..aslı pastı ıstanbul padat banget-.- 13 juta penduduk gıtuuuu….

Tapı..walo rumahnya tumpuk tumpuk apartemen gını..saya ngelıat orang turkı ga ındıvıdualıs…mereka tetap kenal sama tetangga..bahkan kalo ada penghunı baru ya ada acara kunjungan segala..buat kenalan..

banyak taman2 juga buat sosıalısası warga.

Alhamdulılah tetangga rumahpanda sejauh ını baık baık semua..kebetulan keluarga pak hajı:D dıtambah ıstrı2nya sebagıan kayak make baju abaya hıtam2 gıtu gamısnya..ga ada yang aneh2 atau seksı2 berkelıaran..aıh malah adem lıat tetangga:) pada rajın ke masjıd pula bapak2nya*semoga nular ke suamı:D:D.pada rajın ngucap salam…senyum..khas keluarga ıslamı gıtu:))) ınshaalloh lıngkungan tınggal kamı baık..amınn doaın ya

Gambar

heater

38 thoughts on “model rumah di istanbul dan turki umumnya

  1. rahmaaa.. eh siti KDI! :p btw kapan kluarga bener bener pindah ke rumah sendiri gak bolak balik rumah yenge dan abi? eh jangan jangan dah pindah?

    btw follow akyuu yaa

  2. Mksh banyak rahmabalci.. blog kmu sangat bagus..Sy dpt biasiswa ke Turki tp pingin dtng ama istri dan anak sy.. Beasiswanya 1000 lira tiap bulan… apakh be tanya dr mbak klo bs hidup dengan uang ini ato ngak cukup.. mksh

    • salam kenal: kira2 di turki akan ditempatin di kota mana? 1000 lira untuk sekeluarga di kota sebesar istanbul saya kira cukup pas2an dan mefetttt, kecuali tempat tinggal dll sudah di tanggung, kalau biaya hidup di kota selain istanbul saya pikir cukup terjangkau, istanbul biaya hidup termasuk paling mahal di turki, untuk urusan makanan kaki 5 nya pun kalau dibandingkan kota lain, kebanyakan yg saya tahu temen2 mahasiswa indo tinggal di asrama yg disediakan sponsornya, jika 1000 lr untuk mandiri sewa sendiri, standar termurah sewa apartemen 350-500 tl blm sm gas dll,sebulan inipun dgn cttn daerah pinggirannya yg jauh dr akses center istanbul,kl saya bilang:jujur kalau bawa keluarga anak istri 1000 tl di istanbul ga cukup, kecuali anda sambil kerja,jadi ada pemasukan tambahan, ini di istanbul ya, kalau misal di kota lain masih lumayan bs ‘Nafas’ krn biaya hidup ga semahal istanbul, silahkan tanya2 di blog temen2 indo di turki http://miturki.wordpress.com/ kebanyakan mahasiswa jg

  3. Senang sekali nemu blog dek Rahma,saya lagi kepo bgt gimana sih OTtuh? Krn setahun belakangan ini lg keranjngan nonton turkish drama serial di tv. Klo sy lihat difilem mereka persis seperti yg mba tulis
    di blog ini,hangat, ramah. Tapi kok beda sama tetangga2 saya yg OTdikomplex rmh saya,jutek gitu,kalo gak disapa duluan ya diem aj gitu, mereka kumpul sesama mereka aj di Komplex gak mingleKebetulan rumah saya dekat sekolah internasional Turki, anak saya dulu juga sekolah disana, duh aneh n susah bgt mau komunikasi dengan mereka, klo mo ktm guru yg nrima guru Indonesia,padahal wali kelas anak saya OT, apa karena kendala bahasa ya? Kecuali saya kenal sm Abla yg jaga asrama,masih anak kuliahan, dia bisa bhs Inggris n Indonesia , dia baik bgt n mingle sama kita.Kemaren juga liat pameran produk Turki di JCC ya ampun itu yang jaga stand mukanya jutek2 smua,jadi Males mau nanya2. Tapi saya jatuh cinta bgt sama Istanbul dan latar blkg budaya dan sejarah mereka setelah nonton cinema Turkish yang keren bgt n bermutu,jauh deh ama drama Korea apalagi sinetron Indo? Gak level. Makanya lg nabung, in sha Allah tahun depan bisa ke Istanbul. Kalo mau liat tulip ya mekar paling bagus bulan apa mba kesananya? OK deh..sukses ya buat dek Rahma, n thx buat blognya yg keren.

    • salam mb linda/ terimakasih sudah berkunjung ke blog pribadi saya. wah untuk kasus tertentu sprt dialami mba. bisa jadi krn mereka ga pede berbicara dgn org asing.dan sikap waspada mereka terhadap lingkunga. umumnya OT emang susah senyum kl ga kenal2 amat\udah kebiasaan mereka.apalagi senyum disini kan bisa diartikan lain. beda lah sama org indonesia yg emang murah senyum. saya aja dinasehatin sm org kedutaan turki pas dulu kekedutaan. jangan umbar senyum sembarangan yaa di turki. kita beda kultur. bisa jadi org yg kita senyumin nangkepnya lain:D
      jadi ya gitu emang kebanyakan muka jutek–heheh
      emang jadi kesannya mereka ga bisa nempatin diri ya..masa pameran pasang wajah jutek\ harusnya belajar sm org indonesia yg ramah2:D sampe maskapai turkish juga banyak di komplen krn pramugarinya jutek2 tp katanya udah dibenahi..udah mau senyum hihihi/
      kalau tulip biasanya bulan april=mei \ dan april ada festival tulip di istanbul letaknya di emirgan park. coba aja april ke istanbul nya. udara jg udah enakan mirip2 puncak bogor lah ga panas2 banget. kalo summer ke sini sama aja kyk jakarta panasss yg enakan sekitar april ke mei masih edisi spring/

  4. Assalamualaikum… Wah menarik ya
    Turki…. Slah satu negara yg sgt unik… Wktu d skolah dulu,, disebutin klo turki tu perpaduan antara bnua asia dan eropa.. Q pnasaran bgt… Makasi atas penjelasan ttg model” rumahx… Dpt ilmu baru ni ^^

  5. Assalamualaikum abla Rahma.. Senang lihat blognya…. Anda tinggal di mana Istanbulnya ? Saya dgn tunangan saya di daerah Esenyurt

  6. Salam abla.. Wah seru nya.. Pertama salam kenal 🙂 Saya berencana married akhir tahun ini. Insallah tinggal di turki mulai januari 🙂 rasanya ingin skli mendengarkan pengalaman2 kalian terutama yg sdh menetap😊 dan bs berbagi informasi 😊 gugup saya lg prepare surat2 semoga ga sesulit yg saya bayangkan menikah dengan WNA 😊

    • waalaikumsalam, insha alloh kalau niatnya baik dan ibadah diberi kemudahan, kalo pengalaman2 sering saya tulis kok di blog ini:) januari masuk winter persiapkan diri dgn baik ya, biar mudah adaftasi cuaca, untuk 3 bulan pertama banyakin bawa stok makanan indonesia-sambel2an krn winter cabe mahal, atau apa yg kamu suka, diturki rada sulit nyari bahan makanan indo, bs jg beli sama temen yg jualan disini ada yg jualan via kargo,nanti barangnya dikirim,tapi ya itu ada rupa ada harga:D lbh enak bawa sendiri untuk 3 bulan pertama adaftasi aja, soalnya saya yakin kamu bakalan shock culture dgn makanan harian di turki yang hambar2:D kl baju2 gitu bawa seperlunya, bisa beli diturki, banyak. kecuali kl km berjilbab,beli krdung langsungan gt bawa aja.mendingan isi koper banyakin makanan indonesia:D suerrr

  7. wahhh… cerita2 mbak rachma bener2 ngebuatku pengen tinggal diturki.
    kebetulan saya dpet pacar orang turki.
    ooo iya mbak, saya mao tanya nii cowok2 diturki itu klo untk pacaran suka playboy gak ya mbak? hehehe *efek LDR nii*
    terus, klo untuk di daerah Ereğli, Konya itu seperti apa ya mbak???

    • ayo liburan kesini:) playboy atau engga..saya ga bs jamin..tipikal cowok turki sm aja ada yg brengseknya juga,keras kepalanya lbh mendominasi,kl LDR an jangan mau di php in terus, kudu kasih waktu sampai kapan,setahun dua tahun..harus ada tujuan pasti, kl cm obral janji dan mimpi,tinggalin aja.jgn buang2 waktu hehe*mantanldranjuga*kalo serius dan cocok biasanya si pria akan menunjukan itikad kuatnya,datang ke indonesia untuk kenal keluarga sekalian lamar. saya kurang tahu daerah konya-ya doakan deh entar bs pindah kesana:D kota impian juga yg bikin penasaran, kl kata temen..daerah konya termasuk kawasan turki yg rada religi pergaulannya, bukan kota sekuler.

    • Iya bener ya mba jd pengen tinggal di turki.
      Salam kenal, aku Neeta dari jakarta. Aku juga LDR an sama orang turki (Seneng dapet temen 😀 )
      Bersyukur deh nemu blog ini, jadi dpt cerita seru tentang turki

  8. kalo untk target menikah, kmi belum menentukan mbak lagi pula status saya msih anak SMA dan dia baru berusia 19 thun. kmungkinan thun dpan dia akan pergi wajib militer.
    tapi, dia sangat sopan dlam berbicara, dan alhamdulillah dia juga islam.
    dia selalu menggunakan bahasa indonesia ktika berkrim pesan *walau hasil translate* tpi aku ngerasa usaha dia cukup membuktikan klo dia bner2 serius.
    dia slalu memberi kabar walau ditengah kesibukannya, setiap hari dia mengirim pesan.
    aku juga ngerasa kyak bner2 yakin gitu mbak klo dia pria baik2 *liat dari fotonya dia* aku suka ngenilai cwok itu dari wajah dan tatapan matanya gitu *udah kek peramal ajja*.
    Semoga ajja, bisa kyak mbak yg berakhir ke *Pernikahan* hehehe…
    dan bner kta mbak, cwok turki itu ganteng2, hidungnya mancung banget *efek idung pesek*
    awal suka juga karna itu, tpi ngeliat cara dia yg kek tulus banget gitu mbak orangnya juga terbuka dan mau jujur mlah kebablasan dahhh, jdi bner2 cinta sama dia.
    bagus dehhh klo konya kota yg religius, berarti pergaulan disana gak terlalu bebas.

  9. Mba rahma salam kenal….boleh tanya2 ga mba…klo mau cari apartemen yg lingkungannya enak kayak komp gt..di kawasan apa yah?? ato yg model sitesi gt..butuh bgt informasinya mbaa..suamiku skrg lagi dinas di istanbul agak kesulitan cari apartemen karena blum tau daerahnya dan blum bisa bahasa turki… ditunggu informasinya makasih

    • salam knl jg mba: nah istanbulnya daerah mana, eropa side apa asian side, kalau di asian side, ada komplek sitesi nmnya aqua city,fasilitas lengkap, kebetulan saya kenal jg keluarga expat indonesia yg kerja di Unilever turki, mereka sekeluarga tinggal disana, tapi daerah asian side istanbul,banyak pilihan soalnya mba, baik di eropa maupun asian side,kalau ngerti bhs turki tinggal cari di sahibinden.com

  10. Teh saya mau nanya, kebetulan saya punya anak berkebutuhan khusus (asperger/autis ringan). Saya bersama anak-anak ingin sekali tinggal dan bersekolah di turki. Adakah disana sekolah untuk anak berkebutuhan khusus yang menggunakan bahasa inggris? terimakasih banyak mbak

    • wah untuk sekolah khusus gini saya kurang tahu, kalau sekolah punya pemerintah memang ada, krn ada keponakan suami jg berkebutuhan khusus tapi untuk swasta saya kurang pahami pastinya ada kalau di istanbul. cb googling2

  11. Seneng bngat mb bisa denger cerita mb tentang turki. Pengen bangt suatu hari bisa nginjakin kaki disana. Jadi tertarik krn liat serial yang lg tayang sekarAng. Jadi pengen liat kota bersejarah ini. O iya mb klo untuk kehidupan penduduk lokal jauh beda g sama kita d indonesia

  12. Assallamualikum mbak…salam kenal…saya mau tanya daerah Balikesir di Turki lebih dekat kamana yaa…ke istambul apa ankara, bagaimana biaya hidup di balikesir apa seperti di istambul ? Terima kasih

    • waalaikumsalam::
      balıkesir lebih deket ke istanbul drpada ankara; kota besar terdekat bursa city ::destinasi wisata juga::banyak pelajar dan wni juga di bursa; biaya hidup so pasti jauh lebih rendah di banding istanbul; krn balıkesır termasuk kota kecil

  13. Halo mba rahma salam kenal.. wah seru banget kayanya tinggal di Turki. Kebetulan aku punya temen orang Turki dia tinggal di uskudar mba.. jauh ga yaa dari istanbul.. soal nya temen aku juga selalu nyuruh aku ke Turki kotanya sangat cantik katanya…

    • uskudar itu juga bagian istanbul:istanbul itu sebutan untuk provinsi dalam administrasi wilayah turki, uskudar itu salah satu kotamadya yang ada di istanbul. uskudar emang cantik krn dipinggir selat bhosporus letaknya:) semoga paham

  14. assalamualaikum mb rahma.. salam kenal. saya ldr dgn org turki, aslinya org batman(kurdish), kerja di istanbul. dia sudah meminta saya utk jd istrinya, cuma saya masih bimbang. apakah disana memungkinkan wanita utk bekerja, krn saya sdh terbiasa bekerja disini. bgmn karakter org kurdish, apakah bisa dipercaya?

Leave a Reply

