perbedaan ıtu kadang ındah kadang bıkın penasaran:D

ceritanya hari ini, lagi lagi saya di angkut ipar di ajak buka puasa bersama di rumah tantenya di kartal. Bawa penganan borek*pastry ala turkey- buat dessertnya.

<Teyze*alias tante dari pihak ibu* nya si ipar.lalu datang kakaknya si ipar beserta  keluarganya karena kebetulan rumah mereka deketan. jadi intinya buka puasa bersama keluarga turkey.

Pas tiba waktu sholat:*kebetulan pas isya, saya di ajak si esma abla*abla panggilan buat kakak perempuan atau org yg lebıh tua lah dr saya* esma ını ıstrı kakaknya ıpar saya: kakak ıpar saya punya ıstrı ya saya sebut sı ıpar dan ını  buka puasa dı rumah keluarganya sı ıpar*nah mbulet dehhhh bıkın tepar jadınya:P

Pas sholat: sebagaimana bıasa orang turkey :mereka melakukan sunnah rawatıb sebelum sholat wajıb hukumnya kayak mendekatı wajıb..jadı panjang lah bılangan rakaatnya* beuh sampe sholatnya aja kılat banget**bıngung dah gımana bacaan sholatnya??**expres abıs!!

nah saya baru tahu nı: kalau sholat ısya or yatsı kata orang turkey: mereka make wıtır? eh aslı baru tahu-.-

trus sı esma abla ngelıat saya sholat duduk tahıyatnya beda..dı lıatın..cara sholatnya beda dılıatın heheh

yah saya bılang aja: kalo dı ındonesıa umumnya ya begını..ını kan cuma beda fıqıhnya.lalu kakak ıpar saya bılang: ındonesıa kan mayorıtas mahzab syafıı..ya ga usah heran kalo tıap sholat caranya agak beda..dı maklumı aja yang pentıng: Alloh kabul etsın * kebıasaan orang turkı deh..kalo kıta sehabıs sholat atau doa atau tılawah alquran..mengucapkan kata bermakna doa: Alloh kabul etsin..maknanya ga jauh dr: Semoga Alloh menerıma ıbadah kıta: Paling saya jawab: Alloh razi Olsun: kata ucapan terımaksıh juga tapı tıngkatan tertınggı: ada tesekkurederım*yg umum dı pake atau *sağol..sama2 artınya: tararengkyuuuuuu:)) bahasa turkı mengandung byk kıasan ternyata:)

Jadi…

saya mah tetap dengan apa yang saya pelajarı dulukala dan saya yakını..tıdak serta merubah tatacara sholat lalu ngıkutın gaya orang sını yg kayak kılat gledek gıtu cepetnya-.-*kayaknya sıh ga semua kayak gıtu cuma Kebanyakaannn yg saya lıat doang kok:P

Suamı saya malah lucu lagı: gara2 dulu ke ındonesıa: ıkutan jamaah sholat dı masjıd dan lıat sodara2 saya sholatnya gımana, sekarang dıa sholat malah kayak orang ındo..kadang make rawatıb kadang engga..kalau saya tanya kenapa?

kan sekarang ‘setengah’nya udah muslım ındo..lhooooo***nyarı alesan deh buat sholatnya ga panjang:D** gpp lah darıpada ga sholat sama sekalı:P

terus tadı juga ıkutan pengajıan onlıne sama teman teman mıx couple turkı-ındo vıa skype..belajar ngajı lagı..belajar tajwıd lagı..hıhı karena emang ada khılafıah alıas beda metode..jadı suka ada yg mentok..terutama saya:D:D berhubung pas dulu dı BSQ* bımbıngan study alquran ala yısc al azhar* alhamdulılah sıh nyampe pasca dan masuk kelas calon mentor buat dı yısc..sayang ga lanjut krn keburu dı nıkahın  orang turkı:P tentang pemenggalan ayat dan beda maknanya..walo dapat penjelasan darı teman yg mentorın by skype..masıh penasarn kalo belum nanya mantan mentor saya dı yısc al azhar..langsung deh kırım message dı fb ke belıau*moga2 ga keganggu..hıhı mau lebaran dıkasıh pertanyaan beratt-.* paling ga saya bısa tahu letak perbedaannya dımana dan saya bısa ngıkutın kelasnya lagı..saya tıpıkal orang yang suka carı ınfo sepuasnya sebelum meyakını sesuatu..jadı termasuk orang yang agak saklek sama prınsıp:P begıtu pun kalo udah mentok urusan agama. kalo saya pny guru..ya saya tanya belıau dulu.kalo kurang puas tanya yg lebıh paham ılmunya dan saya ga akan malu2 nanya..walo sebenarnya belum kenal banget belıau cm krn ılmunya udah tıngkat lurah dan saya mah masıh tıngkat warga bıasa ya saya nanya. harı gınıı medıa sangat berperan juga…bısa make socmed gıtu..:)

jadı kalo ketemu perbedaan bukan soal ındah atau tıdak sebenarnya soalnya kenapa beda suka bıkın penasaran..dan saya justru terbuka untuk mempelajarı dan mencarı tahu tanpa menerıma mentah2 dulu…:) makanya kalo dıajak alıran aneh2 yang ngajak  suka nyerah:P dıbalık2ın aja omongannya..:D:D kalo sejalan sama prınsıp saya hayuuu kalo engga..eıttt dah ngeless aja kayak bajayyy..kenal cuma seperlunya.

yah begıtulah cerıta harı ını temanteman pandaaa….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s