Apa yang menarik tinggal di istanbul?

Secara saya masih warga baru:) tapi jujur aja istanbul salah satu kota impian saya sejak dulu  karena ikon masjid birunya.

Alhamdulilah mimpi kesampean karena suami kerja di kota ini, padahal suami saya tipe laki laki kota kecil yang suka stress sama kemacetan hahah..anak kampung lah* apakabarnya kalau di ajak hidup di jakarta* dia bilang:kayaknya bakal nambah stress 😛

Oh ya ikamet* resident permit* saya masih nyangkut di emniyet*kantor polisi* di turki urusan imigrasi dibawah departemen kepolisian* karena saya pindah alamat di turki, dari kota mertua ke istanbul, jadi wajib lapor pak polisi buat penggantian alamat di ikametnya kalau cuek aja: yah denda menungggu: bisa kena  2 jutaan rupiah..lumayan kan bikin manyun juga:P
Nanti hari selasa saya baru ambil lagi ikamet nya.

İstanbul:kota terbesar di turki dan katanya juga di kawasan eropa: di bagi 2 wilayah istanbul anadolu*asian side dan istanbul eropa yang di belah selat bhosporus nan cantik.

Penduduk terpadat berada di wilayah saya tinggal sekarang:istanbul asia, kalau istanbul eropa lebih banyak ke centra wisata dan bisnis* di asia juga sih* kalau di asia banyak pelabuhan bongkar muat barang*mirip tanjung prioknya sini deh. Kontainer atau kapal tongkang pada anteng di laut nongkrong, kalau di istanbul asia, di istanbul eropa lain lagi: karena banyakan centra turis :jadi liat kapal pesiar atau kapal2 mewah gitu ya biasa.

Wilayah istanbul kebanyakan daerah berbukit: engga hanya di tempat wisata*kalau di eminonu area juga kan nanjak2 mulu jalannya. Di area perumahan penduduk juga ga kalah:D beuhh saya kalau pulang ke rumah jalan kaki gitu dari pengkolan pendorya mall: udah berasa hiking di gunung lawu.., nafas udah senin kamis..karena ya jalannya itu loh..

Kalau urusan macet istanbul juga ga kalah kok sama jakarta:D tapi masih parahan jakarta kayaknya:)) itu karena kota ini ya penduduknya seabreg data dari mbak wikipedia 13 jutaan emhh lumayan tuh.

Tapi untuk tata ruang kota:saya masih salut lah sama istanbul:kotanya cantik ditambah pembangunannya juga tertib alias area nge Mall ga separah jakarta..masih banyak ruang terbuka hijau di kotanya, area piknik keluarga. jadi walau kota besar kualitas udara masih termasuk sehat. lautnya lumayan bersih*sejauh ini ga pernah liat laut butek disini..

ga heran juga kan terus di jaga: secara aset yang di andalkan istanbul adalah wisatanya keseluruh penjuru dunia. yan ngedatengin banyak duit kan sektor ini.

EHm ini sih tambahan info dari teman: dulu tetangga  di multiply: urusan belanja: istanbul juga salah satu kota surga belanja buat shopaholıc..kalau udah diskon bisa bikin ‘kalap’

biasanya ya ambil moment pas pergantian musim: dari winter ke spring atau ke summer..musim diskonan datang:  si tetangga MP saya ini pernah dapat diskonan barang branded sampe 70 % lumayan kan…

heheh saya juga pernah: beli boot buat winter yang keren cm 11 lira*55 rebuan lah..banting harga karena winter mau habis.

Jadi kalau ada rencana liburan ke istanbul:buat penggila belanja*selain belanja belanji di grand bazaar nya yang beken..ngubek2 tempat belanja modernnya ala mall di sini juga patut di coba.. bisa bisa bobol juga CC nya:P
ngutip tulisannya si tetangga MP*kalau dulu yang di MP tahu deh sıapa dia:D** kalau aja ni pesta diskon barang branded nya di mall jakarta..bisa bisa mall nya rusuh kali?? hıhı kebayang.

Pas di tanya temen: enakan istanbul apa jakarta? ya dengan teramat jujur saya bilang:istanbul better than jakarta..untuk pilihan tempat tinggal. kalo makanan ya kangen jakarta lah.

walo kriminalitas nya di istanbul juga termasuk tinggi*kayaknya dimana2 kota besar hal wajar juga..bahkan sekelas new york aja beken banget kriminalitasnya*

Yang pasti:kalau di amati: tingkat polusi di sini masih tahap ‘normal’ karena banyaknya ruang terbuka hijau yang di jaga. Kalau suntuk tinggal nyenbrang ke pulau pulau kecil sekitaran istanbul.

Oh ya bagaimana dengan cara berkendara orang turki dan istanbul umumnya?hahahha begitu dahhh..kebat kebuttt kalo nyenggol pada bertanduk:P

ga ada ojek dısını-.- kalau angkot ada: make mınıbus gıtu bıasanya lewat dı komplek2 apartemen namanya dolmuz* dı ıstanbul atau turkı daerah perkotaan rumah2nya memang flat apartemen kebanyakan..kalo yg kelas elıte nyebutnya sitesi..yg secara keamanan jg ada satpamnya itu kalau yang biasa ya biasa aja cuma rumah di tumpuk2 ke atas doang:D.

Dİ istanbul angkot ga ada keneknya, jadi saling pengertian aja kalo mau bayar angkot jadi bayarnya kayak pesan berantai gitu dari yang duduk di belakang bayar ke sopırnya bısa mınta tolong ke orang2 depannya, sejauh ını masıh bısa dıpercaya sıh. kalo ada ıstanbul kart*kartu ngebıs dı ıstanbul*asal ada saldonya ya tınggal gesek aja: ını bısa buat dı angkutan kecıl atau bus gede nya. sekarang lagı dıbangun metro juga* kayak kereta bawah tanahnya gıtu baık untuk wılayah  eropa juga asıa semakın dı perbanyak.

İstanbul kota berbukit bukit dengan pemandangan indah indah..ini kali ya yang bikin betah mata:) kalau jenuh tinggal jalan jalan ke pinggir lautnya..wuıh udah mantep lah. Kalau naık mobıl lewat jalan raya pınggır lautnya aja saya senang:D ga bosen bosen lıatnya. kalau jalan ke daerah dataran tınggı lalu lıhat ke dataran bawah dan pemandangan lautnya: subhanalloh..ındah dan ındah.

Sebenarnya bukan ıstanbul aja sıh kota kota turkı laınnya juga ga kalah menarık: termasuk corum cıty kota asal suamı. karena banyak pabrık gandum dan penyuplaı gandum: pemandangan ladang gandum dan bukıt bukıtnya juga luar bıasa kalau summer gını**kalau wınter brrr jangan dıtanya*corum masuk daerah terdıngın juga dı turkı karena letaknya dı lembah gunung.

GambarGambarGambar

Advertisements

10 thoughts on “Apa yang menarik tinggal di istanbul?

  1. Assalamualaikum…beruntung sekali mbak bisa hidup di istanbul..saya yakin banyak yg menginginkannya termasuk saya…tp apa bisa…? Tolong info nya ya mbak gimana cara mendapatkan peluang untuk bisa pergi ke sana…? Wassalam

    • waalaikumsalam, wah beruntung atau tidaknya jangan diliat cuma lokasi wisatanya:D kalau hidup sehari2 br bs rasain…perbedaan budaya dan kehidupan harian,hrs bs survive. kalau kamu yakin sm impian kamu..yakin aja pasti bisa. someday bs datang berkunjung. coba aja gabung di grup FB: backpaker dunia, banyak info2 menarik tentang travelling dengan budget minim kesegala penjuru dunia termasuk ke istanbul, ga ada yg ga mungkin, pasti ada aja jalan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s