7

pangeran tamvan ngecay di bhosporus:D

Saya sempat tertegun ketika baca DM dari seseorang dengan kalimat: mbak beruntung ya menikah sama orang Turki? atau mbak enak ya tinggal di istanbul, wah enak bisa jalan jalan keliling Turki..dan sebagainya. Hidup yang orang lain lihat dari luar tentu tidaklah sama dengan yang saya rasakan dan jalani sehari hari:)

İstanbul: iya sih daerah wisata nya kaya, pemandangannya selalu mempesona, enak buat berleha leha, kencan di pinggir bhosporus, makan di restoran restoran pinggir laut marmara. wow kota yang romantis:) gitu yaa—-

Jadi begini.., terkadang kehidupan nyata emang ga seindah drama:) karena kami bukan Turis, yang menghabiskan budget dalam hitungan hari atau bulan saja untuk menikmati keindahan daerah wisata di Turki. Masa iya saya tiap hari ke eminonu:D kerjaan rumah kapan kelar nya.

Jujur saya aja masih ‘Nyicil’ buat jalan jalan di Turki, belum semua tempat wisata terkenal di Turki saya kunjungi, 1: karena untuk saat ini dan entah sampai kapan, hal mustahil buat saya jalan jalan sendiri di Turki tanpa suami(kagak diizinin :P) 2: mikir budget juga, 3: tiap ambil cuti prioritas itu liburan di rumah mertua (rumah mertua ko liburan..yasalam:D berbakti deh)–kadang kalau jatah cuti suami dipakai liburan pribadi, entar emaknya ngambek ga dikunjungin hahah jadi kudu pinter pinter bagi jatah libur.

Tahun ini ga ada jatah jalan jalan liburan di Turki, karena prioritas saya pulang kampung dulu ke indonesia, libur suami ya pasti saya harus setor muka ke rumah mertua dan keluarga besar. Karena saya ga tiap tahun mudik ke tanah air, biasanya liburan musim panas, minimal kita ‘piknik’ lah keluar kota istanbul.

Karena kami bukan turis: banyak pengeluaran bulanan yang harus dipikirkan, sewa apartemen, bayar berbagai tagihan, belum kebutuhan anak anak.  harga sewa apartemen di istanbul didaerah pinggiran pun semakin tahun semakin naik. Harus hemat juga untuk kebutuhan sehari hari, mau nya sih tiap jalan ke luar, ya makan di luar, hal yang gampang kayak di indonesia. Tapi disini dengan tipikal suami yang lebih suka makanan rumahan, maksud saya pengen makan ayam, bukannya di ajak ke restoran yang menunya serba ayam gitu, tapi di beliin ayam utuh di supermarket;:D olah sendiri bisa makan sepuasnya..jiahhh.

Belum dengan kepadatan warga provinsi istanbul baik sisi eropa maupun asia,  mau appointment ke dokter di rumah sakit, ambil antrian online pun kadang panjang. bis bis kota yang full, generasi muda yang semakin ‘tertunduk’ sama gadget sampe kudu di tegur dulu buat kasih duduk manula, ibu hamil dsb.

Selalu indah memandang hamparan selat bhosporus dikala senja yang romantis, ehm  tapi kami juga butuh melanjutkan kehidupan di kota besar ini yang terkadang jauh dari kata romantis, butuh kerja keras, kesabaran yang extra.

Orang Turki?

Mereka bukan turunan nabi semua ko:) kekaguman boleh boleh saja, tapi banyak juga yang ga beruntung ketemu orang yang ga baik kebetulan warga negara sini.  Ya bersyukur kalau kenal dan bertemu dengan orang baik. karakter keras memang sudah terkenal, tapi urusan moral, jelas gak seragam! yang saleh juga banyak yang bejat apalagi, kalau kenalan online terus si orang tersebut minta yang aneh aneh…tendang saja layar komputernya*eh..buang buang…! kayak kurang stok aja laki laki di muka bumi. Jadi kehati hatian harus tetap di nomersatukan selain alasan: orangnya ganteng? kalo kategori ganteng doang ga bisa mencover moral nya loh…

Karena kehidupan asli nya ga seindah drama , pasti ada masa pasang surut nya, dinner romantis di atas cruise sambil nyebrang bhosporus, ehmm…. pangeran tamvan berkuda emang beneran cuma di dongeng. dongeng princes princes-an cuma berakhir sampai  altar pernikahan doang kan ya, kehidupan sebenarnya si princes ga di dongengin lagi, gimana sama kerjaan si pangeran, jangan jangan dia aslinya punya selingkuhan, kerjaan si pangeran cuma berburu doang kah-.-‘ si princes abis lahiran terus galau sama berat badannya yang melambung, galau ga bisa kasih asi, hahah .

iya suami saya orang turki, tapi rasa syukurnya bukan karena identitas warga negaranya, apalagi pasport turki mah belum se sakti kayak german gitu:C liat situasi politik lokalnya aja puyeng, belum kalau mau protes kenapa itu banyak patung patung si bapak itu bla..bla..bla, tau ga dia ini ngebunuh banyak ulama….dst…dah entar debat ga berujung.eh itu kok pegang tasbih tapi minum alkohol, apalagi…, kan pemimpinnya islami, ehm ehmmm….stop ah:D

buat saya lebih ke karakter personal nya suami, yang kadang saya kesampingkan dia orang mana nya, apalagi kalau lagi bersitegang, pengennya ngomong banyak tapi otak ga sinkron kudu mikir bahasa asing, mau nya : ngacaprak***ngoceh sunda….yang ujungnya..malah cape sendiri nyari kosakata yang dimaksud..ya..ya udah lahh ga jadi berantem lama lama.

14702325_1780183325579659_9192730521826314005_n

kenapa TUrki

 

 

8

Arnavutluk di bumi bagian mana

Dulu awal datang di Turki, saya  sempat nonton pertandingan sepakbola penyisihan piala eropa  di TV lokal menayangkan pertandingan Turki dengan negara yang bernama macaristan (bacanya: majaristan) mikir keras! waduh negara mana ini? apa negara baru? apa salah satu negara negara -stan di asia tengah, apa tetangga nya pakistan? tapi kok masuknya grup eropa?? nanya suami, karena dia orang turki ya  bilangnya negara macaristan (saya beneran blank) apa saya ketinggalan berita tentang negara baru yang merdeka?–baiklh untung hidup di zaman –apa apa bisa nanya mbah google– dan menurut mbah google macaristan itu adalah Hungary..Gubrak!!

Kok bisa? jauh banget dari nama yang dikenal secara international nya, nah ini juga saya penasaran kenapa penyebutan negara negara terutama di daerah eropa, Turki punya penyebutan tersendiri: okelah kalau sedikit mirip, kita masih bisa nebak negara yang di maksud: seperti:

ingiltere: inggris

Fransa: france

Hollanda: holland

Danimarka : denmark

portekiz: Portugal

ispanya : spain.

İni beberapa negara dalam penyebutan di bahasa Turki, masih dekat lah dengan nama yang di kenal secara international nya,jadi masih bisa kita tebak, lalu bagaimana dengan nama negara:

Arnavutluk, hirvivistan, karadağ, isvicre, almanya, isvec?? tau ga ini negara di bumi belahan mana:D dan ternyata nama versi Turki ini jauuuuuhhhhh banget dari nama negara yang kita kenal selama ini:

arnavutluk: albania

hirvistan: kroasia 

karadağ: montenegro 

almanya: germany

isvicre : swiss

isvec: sweden.

Hari minggu tanggal 23 april lalu, ada perayaan hari anak Turki , pemerintah lokal ditempat saya tinggal mengadakan festival  Tari, dan mengundang perwakilan tim tari dari beberapa negara sahabat termasuk dari indonesia. Ketika memanggil peserta negara arnavutluk,saya  sempat mikir lagi, ini negara  benderanya ga asing, karena termasuk negara baru, tapi arnavutluk, sedikit asing didengar, setelah cari tahu; albania:C

Jadi salah satu tips  belajar bahasa turki (saya aja masih belepotan terus hehe) afalin juga nama nama negara dalam bahasa turki yang terkadang  beneran asing di telinga kita, biar ga mikir keras kayak saya pas nonton tim turki vs macaristan:D sampe ngafalin bendera nya, Ya Allah..jauh banget hungaria vs macaristan-.-‘ koo bisa..entahlahhh.. lalu arnavutluk? sepanjang acara saya terus mikir sambil nebak nebak warna bendera nya, kemarin saya ga bawa hp sendiri, pulang ke rumah baru sempat nanya mbah google.

18118912_1865178180413506_1007716812754693576_n

arnavutluk:?

13

nindik kuping

Ternyata nindik kuping anak itu bikin ngilu liatnya hehhe..

Minggu lalu kami jalan ke apotik di dekat rumah, untuk nindik telinga anak ke 2 kami, alya. Umurnya belum 4 bulan, dan baru ditindik–setelah sebelumnya selalu dan selaluuuu di tanyain neneknya and the geank:V di kampung— kenapa ko belum di tindik??

Di Turki, urusan nindik kuping anak itu biasanya nunggu anak umur setahun ke atas. Bahkan ada yang sampai gede belum ditindik, alasanya kata keponakan, itu hak si anak kupingnya mau ditindik atau ga?? lohh..*mungkin ini salah satunya yang disebut beda kultur* Tapi saya ngotot selalu minta si bayi ditindik ke baba nya, mumpung masih kecil, kebayang kalau setahun ke atas, lagi banyak polahnya, baru ditindik kupingnya, apa dia ga berontak, belum bekas tindikannya bisa dipegang terus, kalau tangannya ga bersih, kupingnya bisa infeksi. Akhirnya sih suami nurutin mau saya dibanding ikutin saran keluarganya:P

Syukurnya apotik yang kami tuju mau nerima nindik kuping bayi dibawah setahun. Karena ternyata kebanyakan apotik nerima nindik kuping bayi minimal umur 1 tahun. İni juga kita sempat ditanya tanya, ya bilang aja tentang kebiasaan orang indonesia nindik kuping bayi dari bayi baru lahir, sejauh ini ga masalah toh.

17991026_1862371587360832_3883867105404718552_n

cup cupppp

Nindik kupingnya agak serem sih, pakai alat khusus semacam mesin tembak, sebelumnya di tindik, ditandai dulu area  yg mau dtindik, disemprot ice spray, anting kecil dipasang di alat tembaknya,langsung nindik sekalian anting terpasang. anak 3.5 bulan cuma pasrah dan nangis aja, nah kebayang kalau udah setahun apa 2 tahun baru ditindik, bisa kewalahan nenangin atau anaknya kabur.:))

 

3

Pasport Anak campuran

Untuk anak ke 2 ini, akhirnya bisa urus pasport di KJRİ istanbul, sebelumnya harus urus di KBRİ ankara. Waktu intip intip syarat buat pasport anak, tidak banyak perubahan, hanya ada penambahan syarat: surat pernyataan seperti di bawah ini:17991224_1862978513966806_5395063733171790791_n

Gimanapun si babapanda harus ‘ridho’ anaknya mau buat pasport indonesia hehe, kalau ga ridho ancem pake pisau:P

Update-an per 2017

Syarat pembuatan pasport Anak  (mix indonesia -turki) di KJRİ:

  • doğum raporu (surat kelahiran anak yang diterbitkan rumah sakit)
  • foto kopi buku nikah (bisa versi Turki maupun indonesia)
  • pasport ibu
  • kimlik/ktp: ibu, bapak dan anak
  • mufakatname (surat kesepakatan antara ibu dan bapak yang di syahkan kantor notaris setempat)
  • foto biometrik 6
  • surat pernyataan berbahasa indonesia (seperti di atas) ditulis tangan.
  • administrasi: 25 usd.

Dan karena saya juga mau perpanjang izin tinggal alias ikamet, saya butuh perpanjang pasport juga,

syarat untuk perpanjangan pasport di KJRİ:

  1. akta lahir
  2. kartu keluarga indonesia
  3. Buku nikah versi indonesia
  4. ktp
  5. foto biometrik 4
  6. administrasi 25 usd.

Semoga bermanfaat buat yang butuh:) ini syarat yang diperlakukan wilayah KBRİ/ KJRİ di Turki.

2

drama korea

mungkin kalau saya jarang ngeblog..karena saya streaming drama korea:**

web streaming langganan saya disini

Kdrama yang biasa saya pilih buat di tonton seputaran: cerita detektif,romantis,komedi, yang agak melow melow dan episodenya panjang suka saya skip.saya juga  agak ‘milih’ nonton tipe drama era era kerajaan gitu.

Eh dan terkadang, bukan aktor utama nya yang bikin saya suka, malah karakter penjahatnya suka mencuri perhatian, terakhir nonton drama nya mas ji sung ‘defendant’ tapi saya malah suka sama penjahat nya:cha min ho yang di peranin uhm ki joon. Bukan masalah ganteng apa engga, tapi emang main nya bagus, bikin saya merasa pengen mites dia:D Dan yang terbaru: drama komedi romantis fantasy  ga jelas:D Strong woman do bong son : yang jadi penjahatnya: model yang baru debut jadi aktor : jang mi kwan.jang mi silahkan goggling aja: jang mi kwan 😀

intinya saya nulis apa: ni penjahat nya kegantengan..udah gitu aja* udah malem niii bhayyy

2

Pemilu (lagi)16 April

EHm jadi ceritanya: weekend ini di Turki mau ada pemilu lagi dong, yang intinya: si pemimpin yang sekarang pengen negaranya jadi bersistem presidensial kayak di indonesia gitu deh, Selama ini posisi kepala pemerintahan :perdana menteri, Presiden cuma simbol negara  doang, pemilu (referendum). warga datang ke Tps  ga nyoblos partai: cuma milih : evet (yes) atau hayir (no)  kalau negara mau dirubah sistem pemerintahannya.

Ga semuanya kok pada mau:D buktinya tadi saya jalan jalan di salah satu belediye ada kampanye: Hayir! —

Si babapanda, jadi petugas TPS pemilu tahun ini:D hari ini ada briefing gitu dari belediye. Dia sampai dapat dispensasi dari kantor. Karena aturan di negara ini: petugas TPS kebanyakan pegawai pemerintah yang dipekerjakan. Pemilunya hari minggu (yang bikin suami ogah ogahan) karena harus stand by dari jam 7 pagi (uh jam 7 pagi buat orang turki masih jam -lanjut-tidur) ga sukarela jadi petugas Tps nya tetap dapat fee selama tugas sehari.

jadi selama saya tinggal di sini apa saya nge pens berat sama bapaknya itu yang mana banyak pensssnyaahh di indonesia..ehmmmm kasih tau ga yaaa..

2

ngurus mufakatname

*mufakatname: surat persetujuan(kesepakatan) di depan notaris antara kedua belah pihak.

İni pengalaman saya hari ini, yang bolak balik ke 3 kantor notaris:D

Ngapain sih saya bikin mufakatname? —Karena anak saya campuran, sayabutuh surat dari notaris untuk mengajukan pasport indonesia buat si bayi. Ya karena prosedur yang di keluarin KBRİ maupun KJRİ di Turki, salah satunya adanya mufakatname yang dikeluarkan kantor notaris turki yang isinya: persetujuan kedua belah pihak: saya dan si babapanda, kalau anak saya ‘dibolehin’ buat pasport asing. Ya karena si anakpanda sama adiknya otomatis emang warga turki ngikutin baba nya di tambah lahirnya juga di negara babanya, kalau Turki sudah menerapkan doublecitizen sih ya  enak, kalau indonesia baru buat anak aja dan itu juga butuh proses bikin dokumen nya, jadi ceritanya  saya berjuang lah buat anak anak punya pasport negara  anne nya juga, biar kalau mudik lama lama ga dagdigdug di indonesia nya, entar kalau udah gede sih terserah milih kewarganegaraan mana.

Pertama, datengin kantor notaris yang paling deket rumah, tapi agak  kurang ramah gitu petugas nya, ngomong kayak ngajak berantem (ini sih turki banget:V:V) eyel eyelan, yang intinya sih dia agak kurang ‘paham’ buat mufakatname, lalu datangin lagi kantor notaris kedua, ah sama aja, mereka kurang familiar dengan pengajuan mufakatname buat pasport asing. Akhirnya ke kantor notaris yang agak jauhan, tempat yang sama waktu kakaknya buat tahun 2014, begitu datang: udah langsung paham lah ga perlu kita nge dongengin lagi (*kayaknya ga semua kantor notaris bisa bikin atau orang2nya jarang bikinin mufakatname**) eh tapi….ada aturan baru lagi:S

Minta pasport anne nya di translate dalam bahasa Turki dulu di penerjemah tersumpah, phiuhh untung masih satu gedung, turun ke lantai bawah aja, ada jasa translater tersumpah. Bayar deh 40 lira. Nah yang menurut saya ‘agak’ ajaib minta ikamet juga dş terjemahin..what!! ya gimana gak ajaib, ikamet alias kartu ijin tinggal saya kan yang ngeluarin juga kantor pemerintah Turki: udah jelas dalam 2 bahasa: Turki dan inggris, lah masa minta di terjemahin juga. Suami sampai jelasin tentang TC kimlik numarasi buat  orang asing yang fungsinya tetap sama seperti punya WN turki biasa. Ngotot lah kita, si mbak nya bilang, sekarang banyak peraturan pemerintah yang berubah rubah, jadi kami harus punya data lengkap. Kalau tentang aturan yang berubah rubah sih iya banget! Tiap mau perpanjang izin tinggal kudu cek peraturan baru apalagi nih yang di keluarin, semenjak banyaknya nampung pengungsi negara tetangga, emang Turki banyak banget merubah rubah aturan perizinan tinggal. Dan ga nyangka juga sih ngurus mufakatname tahun 2017 lebih sedikit emosianal hahah, dibanding 2014 lalu yang kayaknya gampang aja.

Alhamdulilah sih kelar juga bikin mufakatname, tanda tangan saya di depan notaris bareng suami, tentang kesepakatan kalau ‘baba’nya sebagai warga Turki ridho lilahi ta’ala(:D)) kalau anak nya bikin pasport indonesia. Selain mufakatname , surat bukti kelahiran dari rumah sakit tempat si anak juga penting. Gimana kalau lahiran di dukun beranak:D?? wah ga tau saya , Dukun beranak versi turki juga belum pernah liat:)

Emang penting banget ya mufakatname? ya penting lah, kalau pasport nya expired dan sianak mau perpanjang tetap kudu make mufakatname syarat sah nya.  Ribet yaa..anakcampuraduk sih gitu, punya koleksi banyak dokumen, belum entar kalau mau masuk KK indonesia dan saya ngurus2 lagi dan ahh entar lahh…